Untuk menciptakan struktur tensile membrane yang estetis sekaligus kokoh dibutuhkan proses yang cukup panjang. Proses ini dimulai dari perencanaan, fabrikasi, dan diakhiri dengan proses instalasi. Fabrikasi merupakan aspek penting dalam menghasilkan struktur ringan yang baik; kualitas fabrikasi yang baik akan tercermin pada kualitas finishing strukturnya. Dengan kata lain, jika proses fabrikasinya berkualitas rendah, maka kualitas tersebut akan tercermin pada hasil finishing-nya. Namun jika proses fabrikasi yang dilakukan berkualitas baik, maka struktur yang dihasilkan akan tepat sesuai dengan perencanaan.

Dalam proses desain struktur membran, terdapat dua komponen yang saling terkait. Komponen pertama adalah pekerjaan baja dan komponen kedua adalah pekerjaan membran itu sendiri. Dalam perencanaannya, kita perlu mendesain agar membran yang diinstal pada baja nantinya tepat sesuai ukuran dan posisinya.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan di dalam proses fabrikasi dalam tiap-tiap proyek yang kami:

 

Pendetilan

Pertama tama, tim kami perlu melakukan diskusi mendalam mengenai pendetilan dengan berbagai faktor pertimbangan. Beberapa faktor yang kami pertimbangkan adalah material membran itu sendiri, kondisi tapak, kebutuuhan klien, dan dampaknya terhadap prosedur instalasi. Kemudian, berdasarkan data-data tersebut kemudian kami mulai merancang pendetilan pada struktur melalui model 3D.

Model Fabrikasi

Kami selalu bekerja menggunakan model 3D. Model ini kami gunakan untuk visualisasi hasil sekaligus sebagai dasar rekayasa skenario instalasi sebelum struktur itu sendiri benar-benar dibangun. Melalui metode ini, kami dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing komponen sebuah struktur membran.

Pengadaan Material

Ketersediaan suatu material umumnya menjadi masalah dalam setiap proses pengadaan. Namun, di tangan kami, hal ini tidak akan jadi kendala. Dengan perencanaan yang matang kami menyediakan cukup waktu untuk pengadaan material, sebelum proses fabrikasi dimulai.

Fabrikasi Baja

 

Berbagai metode fabrikasi baja seperti rolling, pemotongan, pengelasan, pelapisan galvanis, pengecatan, hingga penyusunan komponen dilakukan secara tepat dan hati-hati oleh rekan fabrikasi baja kami yang terpercaya. Tim fabrikasi baja kami tidak hanya ahli dalam membuat komponen baja struktural, tetapi juga komponen baja arsitektural, yang dalam hal ini memiliki tuntutan kompleksitas geometry yang lebih rumit.

Fabrikasi Membran

Masing-masing proyek memiliki karakteristik yang unik. Membran dari suatu proyek tertentu tidak dapat digunakan ulang untuk proyek lainnya yang memiliki bentuk dan dimensi yang berbeda. Masing-masing membran dalam suatu proyek akan melalui tahap form-finding dan penentuan pola pemotongan yang berbeda pula. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya miskoordinasi maupun kekusutan pada komponen membran yang terpasang.

Packing

Untuk sebuah proyek baik di dalam maupun di luar negeri, proses packing merupakan tahap yang tidak kalah penting dari proses-proses lainnya. Proses ini cukup penting karena berhubungan dengan kebutuhan transportasi menuju site. Dalam tahap ini lah kami dapat memastikan bahwa baja maupun membran hasil fabrikasi dapat dikirim tepat pada waktunya dan dalam kondisi yang baik.

Sebagaimana diuraikan di atas, kita telah memahami pentingnya tahapan fabrikasi ini. Dengan proses fabrikasi yang berkualitas, maka eksekusi proyek sebuah struktur membran yang optimal dapat berjalan dengan baik